Ausbildung
Ausbildung

Ausbildung di Jerman

Ausbildung adalah langkah pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk membekali para peserta ausbildung dengan pengetahuan spesialis teoritis dan pengetahuan praktis agar dapat mempraktikkan profesi tertentu – atau seperti yang dikatakan dalam Undang-Undang Pelatihan Kejuruan di Jerman (BBiG): ausbildung harus menanamkan ” kemampuan profesional untuk bertindak “.

Banyak orang yang telah mengikuti Bundesfreiwilligendienst lalu melanjutkan ke ausbildung. Bidang BFD dan Ausbildung tidak perlu sama, kecuali ada syarat tertentu pada saat pendaftarannya, contohnya pada ausbildung Heilerziehungspfleger (HEP).

Ausbildung

Ketika kamu berbicara tentang ausbildung, yang sering kamu maksud adalah duale Ausbildung. Padahal masih banyak bentuk ausbildung selain duale ausbildung tersebut. Namun orang-orang biasanya sudah mengerti apa yang kamu maksud.

Ada banyak peserta ausbildung di Jerman. Mayoritas dari mereka memilih jenis duale Ausbildung . Tapi banyak juga anak muda yang mengambil schulische Ausbildung . Duale Ausbildung dan schulische Ausbildung adalah dua bentuk pelatihan yang penting di Jerman.

Duale Ausbildung

Jenis Ausbildung yang ini adalah yang paling banyak diminati, karena selain bisa mendapatkan pendidikan, kita juga mendapatkan gaji bulanan. Bentuk ausbildung ini sangatlah cocok untuk kita yang datang dari luar Jerman, karena tidak perlu memiliki uang jaminan selama Ausbildung.

Ausbildung di Jerman terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bekerja dan bersekolah. Biasanya dalam 1 minggu kita akan bekerja selama 3 hari di Praxisstelle (tempat praktek) dan akan pergi ke Schule (sekolah). Namun ada juga yang mendapatkan Blockuntericht (pelajaran blok), di mana kita selama seminggu, 2 minggu, atau bulan pergi ke skolah, lalu selama beberapa minggu atau bulan bekerja di Praxisstelle.

Gaji setiap orang memungkinkan berbeda-beda, tergantung di bidang apa dan perusahaan mana. Bahkan ada juga yang belajar di sekolah yang sama, namun bekerja di tempat berbeda, lalu mendapatkan gaji yang berbeda.

Karena mendapatkan gaji bulanan, ketika kita mengajukan izin tinggal, pihak Auslaänderbehörde (ABH) tidak meminta uang jaminan selama ausbildung.

Schulische Ausbildung

Ausbildung yang ini sebenarnya hampir sama dengan duale Ausbildung, namun kita harus membayar sendiri biaya ausbildung dan tidak mendapatkan gaji. Oleh karena itu, ketika mengajukan izin tinggal, kemungkinan kamu akan dimintai uang jaminan selama Ausbildung. Uang jaminan ini berfungsi sebagai bukti bahwa kamu akan hidup layak selama ausbildung kamu. Oleh karena itu, mohon untuk memperhatikan saat kamu mendaftar ausbildung, apakah kamu akan mendapatkan gaji atau tidak.

Persyaratan untuk Mendaftar Ausbildung

Setiap ausbildung memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun biasanya akan dimintai berkas:

  • Ijazah SMA yang sudah di-anerkennung.
  • Sertifikat kemampuan bahasa. Biasanya diminta level B2.
  • Paspor yang masih berlaku.
  • Lebenslauf (Riwayat hidup).
  • Surat Motivasi.
  • Führungszeugnis (sejenis SKCK).

Saya sarankan untuk mempersiapkan berkas tersebut jauh sebelum pendaftaran (biasanya dari bulan September-Maret di tahun sebelumya). Misalkan kamu ingin melakukan Ausbildung di bulan September 2024, maka biasanya kamu harus mendaftar dari September 2023 hingga Maret 2024. Tentu setelah Maret 2024 pun mungkin masih ada, namun hanya sedikit yang masih menerima pendaftaran.

Durasi Ausbildung

Lama ausbildung itu beragam, tergantung ausbildung apa yang kamu ikuti. Biasanya memerlukan waktu 3 tahun hingga lulus. Namun ada juga yang memerlukan lebih lama, contohnya beberapa ausbildung di bidang tehnik.

Mungkin kamu tertarik untuk mengikuti Ausbildung di Jerman kelak. Saran saya, persiapkan fisik, mental, dan biaya. Jangan lupa berusaha dan berdo’a. Meski tidak mudah, namun bukan juga mustahil.

Untuk kamu yang ingin mengikuti ausbildung karena ingin kaya mendadak, saya sarankan lupakan semua itu, Karena gaji yang kamu dapatkan tidak sebanyak gaji magang di negara lain. Namun, jika kamu ingin mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan hidup yang lebih berkualitas, maka kamu di jalan yang tepat.

Sekian postingan saya kali ini. Jika ingin bertanya atau menyampaikan sesuatu, silakan sampaikan di kolom komentar.

Auf wiedersehen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *