Aturan Bepergian Siswa bersama Sekolah di Jerman

Aturan bepergian siswa bersama sekolah di Jerman pada dasarnya hampir sama dengan aturan yang ada di Indonesia. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika siswa akan kegiatan di luar sekolah seperti halnya untuk tamasya atau kegiatan akademis luar sekolah. Saya coba bantu rangkum dari apa yang saya dapatkan dari www.online-lernprogramme.de .

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat sekolah berniat mengadakan acara di luar sekolah, baik untuk satu hari atau lebih yang mengharuskan menginap. Pada dasarnya sekolah harus menjamin keselamatan siswanya. Apalagi jika siswa belum dewasa. Perlu adanya pengawasan yang memadai.

Sekolah perlu menjamin tempat tinggal yang aman jika mengharuskan siswa menginap. Guru juga harus ditugaskan untuk mengawasi. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Perlu adanya aturan yang mengatur siswanya. Termasuk larangan meminum alkohol selama kegiatan (karena di Jerman remaja di atas 16 tahun boleh minum alkohol). Bisa juga menerapkan aturan larangan keluar malam. Semua aturan yang dibuat oleh guru harus dipatuhi oleh siswa.

Selain tempat tujuan, sekolah juga perlu menjamin keselamatan selama perjalanan. Terutama jika siswanya masih di bawah umur. Perlu pendampingan dari guru. Kalau perlu, guru boleh ditemani oleh asisten.

Jika terjadi kecelakaan, maka akan ditanggung oleh asuransi yang berlaku. Di Jerman, semua orang harus memiliki asuransi kesehatan baik yang umum atau swasta. Hal ini sangat membantu jika siswa mengalami kecelakaan dan mendapatkan cacat permanen. Selain itu, jika terjadi kecelakaan, perlu dilaporkan ke pihak sekolah. Kemudian nanti ditindak lanjuti.

Pada dasarnya aturan bepergian siswa bersama sekolah di Jerman hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Hanya saja, terkadang di kita sedikit lalai dalam beberapa hal. Salah satunya transportasi. Seperti yang terjadi pada adik-adik kita di Subang beberapa waktu lalu. Kita tidak bisa menyalahkan salah satu pihak untuk apa yang terjadi. Jika ditela’ah, ternyata banyak hal yang tidak sesuai prosedur. Perlunya kerja sama semua pihak demi perbaikan di masa yang akan datang.

Baca juga:  Apa itu Ausbildung di Jerman?

Sampai sini dulu tulisan saya kali ini. Jika ada hal yang ingin disampaikan, silakan tulis di kolom komentar.

Auf wiedersehen.

Note: Gambar dari brgfx di Freepik

Bagikan ke orang lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *